Kamis, 26 November 2009

Lindungi si kecil ketika beraktifitas diluar rumah

Ketika usia anak-anak semakin bertambah, biasanya mereka lebih suka melakukan aktivitas dan bepergian seorang diri. Saat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sekolah, seperti les, renang ataupun ekstrakurikuler lainnya, mereka akan lebih memilih pergi dengan mengendarai sepeda atau berjalan bersama teman-temannya.

Namun jangan pernah melepaskan mereka keluar rumah begitu saja, tanpa memberikan beberapa nasehat khususnya padanya. Karena usia 9-12 tahun, adalah usia yang masih terlalu dini untuk mereka memproteksi dirinya sendiri. Sudah selayaknya, Anda sebagai orangtua menjelaskan dan memberitahukan mengenai apa saja yang harus dilakukan dan dihindari saat mereka berada di luar rumah.

Semakin meningkatnya tindakan kejahatan yang terjadi terhadap anak-anak serta rawannya kecelakaan, bisa saja membahayakan keselamatan si kecil.

Agar si kecil terhindar dari kedua bahaya tersebut, pesankan padanya beberapa hal berikut :

1. Untuk tetap selalu berada di area yang ramai dan dikelilingi banyak orang dewasa. Jangan pernah memotong jalan melewati gang yang sempit atau tempat-tempat sepi yang jauh dari keramaian.

2. Jangan pernah pergi seorang diri. Akan lebih baik jika dia pergi dengan ditemani seseorang atau sekelompok temannya.

3. Selalulah waspada dan memperhatikan keadaan di sekitarnya. Kenali dan perhatikan setiap orang yang berjalan berdekatan dengannya. Dan perhatikan juga tempat-tempat yang mungkin bisa si kecil datangi ketika dia memerlukan bantuan orang dewasa.

4. Hindari pergi ke toilet umum seorang diri. Ajaklah seorang teman untuk menemani. Namun jika tidak memungkinkan, carilah toilet umum yang dekat dengan toko, warung atau tempat keramaian. Lalu segeralah keluar dari toilet begitu selesai.

5. Jangan pernah berbicara dengan orang yang tidak dikenal. Orang dewasa tidak akan meminta bantuan kepada anak kecil. Minta dia untuk selalu jaga jarak jika ada orang asing yang menegurnya, sehingga dia bisa bereaksi dengan cepat apablia terjadi sesuatu di luar kehendak.

6. Jangan berjalan atau mengendarai sepeda berdekatan dengan mobil yang sedang parkir di tengah jalan atau di area parkir. Ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

7. Percayai kata hati. Apabila si kecil merasa ada sesuatu yang salah dan aneh, jangan tunggu lama sampai katakutan dan kekawatiran itu terbukti. Segera pergi secepatnya dan cari tempat yang lebih aman dimana banyak orang dewasa yang dapat membantunya.

0 komentar: