Jumat, 27 November 2009

Buah hati kita Susah Makan..??

Sebenernya tidak ada anak yang susah makan, banyak orangtua..mengeluh tentang sulitnya makan anak..
Padahal anak akan selalu seneng apabila kita menjadi Orangtua yang Proaktif...

Dan kita berusaha acara makan...menjadi acara favorit buat anak...dan acara yang ditunggu-tunggu...kayanya bisa deh..
seperti setiap waktunya makan..kita Orangtua siapkan materi untuk bercerita...nah ketika waktunya makan bersama..dimeja makan atau lesehan pun jadi..(kalau tidak ada meja makan)

sambil makan kita bercerita...Hmmn jadi inget sama materi PSPA ya..Abah bilang (nasional master trainee PSPA Bapak Ihsan Baihaqi) ketika kita lagi cerita, terus anak berhenti makan..kita berhenti dulu ceritanya...
beri motivasi "ayo..aaam dulu nanti terusin ceritanya..." anak bakalan semangat...penasaran dengan cerita tadi...beres deh makannya... iih beneran lho..dibuktiin bisa koq..

tapi karna anakku yang besar udah sekolah..malah sekarang terbalik..dia jadi yang suka cerita sama Abi,Umi dan adiknya...yang awalnya kita terus cerita tentang nabi lah, binatanglah,...
yang kira-kira bisa menyerap sama anak..bisa dipahami ide-ide ceritanya...pastinya mendidik juga ya..

Sekarang Si kakak yang rajin cerita sama kita pada acara makan....kita udah siap mendengarkan...namanya anak nggak ada habisnya ceritanya...sambil semangat...
kadang sambil ngunyah pun ...wooow ceritanya lucu-lucu..kadang seputar temen...disekolah, dirumah, atau apa yang dibaca dibuku (karna anakku suka buku)...
yang penting Kita Undang dulu cerita anak...lalu hargai ceritanya...kalau ada cerita yang sedikit aneh...Undang dulu lalu cegah....yeee jadi kembali ke Materi PSPA lagi nih...

Dan selain cara-cara yang diatas mungkin ada hal lain juga penting buat kita semua...

1. Kenali anak dan penyebab susah makan...Mungkin aza hanya sekedar protes karna ia tak menyukai makan yangn disajikan sama kita.
2. Sabar dan penyayang......jangan pernah mambentak buah hati kita jika ia sulit di bujuk untuk makan, anadaharus tetap sabar menghadapi si Kecil....bujuklah ia dengan kata-kata yg halus da lembut...sering memujilah, dan memberi hadiah yang mendidik..
3. Buat suasana yang menyenangkan.....Suasana ini bisa seperti yang saya uraikan diatas.. dengan cara duduk tenang dimeja makan
4. Perhatikan pola makan.....dilatih hingga keteraturan dan kebiasaan..
5. Kenali dan buat variasi warna dan bentuk makanan untuk anak.....makanan yang kita buat berwarna -warni..maksudnya bervariatif, tidak membosankan..bentuknya, rasanya..
6. Ajak buah hati kita untuk membuat menu makanan.......anak-anak akan merasa dilibatkan dan akan lebih tertanang dalam melahap makanan..
7. Berikan contoh yang baik........Anak akan memuji orangtuanya dalam pola minat makan,dan masakan yang kita masak, mulailah dengan mencontohkan padanya..

Siapkan jadi Orangtua yang Proaktif....gampang...Luruskan niat... bulatkan tekad..demi anak-anak kita...selain itu kita tetep Adab-adab dalam makan pun harus diutamakan....seperti berdoa dulu..tidak sambil berdiri, bersandar...dll.....

0 komentar: